REVIEW : Sonozaki Family (Musuh utama Kamen Rider Double)

Keluarga Sonozaki adalah keluarga bangsawan di kota Futo dari organisasi yang dikenal sebagai Museum. Ketika anaknya Raito (Philip) meninggal dan terlahir kembali sebagai avatar dari true Gaia Memory, Ryubee menggunakan organisasinya untuk memproduksi dan mendistribusikan Gaia Memories di dunia kriminal untuk meneliti efek dampak dari Gaia tersebut. Setiap anggota keluarga Sonozaki (kecuali Raito dan Fumine) memiliki sebuah Gaia Memory khusus, yang disebut Gold Memories, yang memungkinkan mereka untuk berubah menjadi dopan dengan menggunakan sabuk prototipe Gaia Driver yang berfungsi mencegah merusak pikiran mereka karena efek dari Gaia Memories. Pada akhirnya ketika rencana Ryubee nyaris berhasil, Shotaro menggalkan rencana tersebut dan kemudian mengalahkan Teror Dopant yang berakhir dengan terbakarnya rumah estate Sonozaki tersebut dan menandai akhir dari penelitian Museum. Kemudian pada akhir seri, ketika Wakana mengorbankan tubuhnya untuk memberikan tubuhnya kepada Philip (Raito), keluarga ini dikisahkan menjadi bagian dari bumi untuk mengawasi Philip dan memberikan tugas pada Philip sebagai tugas keluarga untuk melindungi Futo dan mengubah dunia untuk kepentingan umat manusia.

Gaia Driver adalah Memory Driver Generasi Pertama yang digunakan oleh para anggota keluarga Sonozaki untuk menghindari sifat koruptif dari Gaia Memories. Hal ini dianggap sebagai prototipe Memory Driver belt untuk Generasi selanjutnya dari sabuk Driver Memory.

# Ryubee Sonozaki  
Ryubee Sonozaki adalah kepala keluarga Sonozaki dan juga sebagai pemimpin Museum, bertindak sebagai godfather dalam organisasi tersebut dan melihat keseluruhan kota Futo sebagai kerajaan pribadinya serta tidak membiarkan siapa pun mengacaukan visinya ini, bahkan anak dan istrinya. 
Dengan Terror Memory yang dipasang pada Gaia Driver, Ryubee dapat berubah menjadi Terror Dopant, yang dapat meningkatkan rasa takut atau horor pada lawan-lawannya ke tingkat yang bisa membuat gila. Dia juga bisa mengeluarkan cairan beracun warna ungu yang bisa untuk membakar lawan-lawannya atau sebagai teleport dirinya dan orang lain untuk melintasi jarak jauh.
Sangat kebal terhadap serangan Dopant tipe rendah. Kehebatan lainnya adalah dapat memproyeksikan kekuasaannya ke Mahkota Teror untuk menciptakan makhluk yang mirip Barong, yang disebut Terror Dragon.
Sebagai kepala Museum, Ryubee mengawasi distribusi Kenangan Gaia, menggunakan mereka yang menggunakannya sebagai spesimen penelitian, terlepas dari kerusakan dan kematian yang terjadi. Dia akhirnya menemukan lokasi kesadaran planet dan membawa keluarganya untuk melihatnya. Namun, ketika anaknya Raito jatuh ke dalam "air mancur" dari Memory Gaia dan meninggal, tetapi entah bagaimana kemudian dibangkitkan oleh kekuatan bumi, Ryubee memulai rencananya untuk Gaia Impact: yaitu suatu peristiwa yang akan menjamin masa depan umat manusia dengan membuat mereka satu dengan planet itu sendiri, seperti yang terjadi pada anaknya (Raito). Dia meninggal dalam kobaran api, yang sedang memikirkan masa-masa indah ia bersama keluarganya sebelum ia menemukan Gaia Memory tersebut.

# Saeko Sonozaki  
Saeko Sonozaki adalah anak tertua dari keluarga Sonozaki yang menjalankan sebuah perusahaan IT yang disebut Digal Corporation, yang berfungsi sebagai kedok untuk produksi Gaia Memory dan distribusinya.
Sebagai Taboo Dopant dengan menggunakan Taboo Memory, ia mempunyai kemampuan untuk terbang dan menghasilkan bom cahaya atau bola energi berwarna pink secara bertubi-tubi yang keluar dari kedua telapak tangannya. Ia dibesarkan tanpa cinta, yang menyebabkan tumbuh dengan membenci ayahnya secara diam-diam, dan seringkali meluapkan kemarahan pada adik-nya Wakana. Dia punya motif sendiri yang tersembunyi untuk mengambil alih Museum dan untuk membuktikan dirinya sebagai penerus yang ideal. Dia juga lah yang membunuh suaminya Kirihiko. Setelah kematian Kirihiko itu, Saeko mulai mengunjungi Dr Shinkuro Isaka untuk meningkatkan bentuk dopan dan fokus pada rencananya untuk mengambil alih Museum.
Setelah kudeta melawan ayahnya gagal, Saeko menjadi buronan dan diburu oleh dopan Smilodon yang mengambil Memory Taboo. Kemudian Saeko diselamatkan oleh Kazu yang menawarkan dukungannya dalam skema untuk mengambil kendali dari Museum. Saeko-pun sempat menggunakan Nazca Memory dan berhasil ke Level 3 menjadi R Nasca Dopant (mempunyai arti "R" untuk "Red" dan "Revenge") untuk melawan adiknya (Wakana) yang berkembang ke ClayDollXtreme. Kemudian setelah kematian ayahnya, Saeko tidak lagi memiliki alasan untuk membuktikan diri. Yang akhirnya Saeko terlibat perkelahian dengan Kazu untuk menyelamatkan adiknya itu. Dan sebagai hasilnya, dopan Taboo mengorbankan dirinya untuk menahan dopan Utopia agar Wakana bisa melarikan diri, yang kemudian mengakibatkan kematian Saeko yang akhirnya mengakui ironi saat-saat napas terakhirnya.

# Wakana Sonozaki  
Wakana Sonozaki adalah putri bungsu dan anak tengah dari keluarga Sonozaki.
Bekerja sebagai DJ di stasiun radio lokal Wind Wave, dia host pada acara Wakana's Healing Princess. Dalam pekerjaan tersebut, dia menempatkan sebagai gadis dengan pesona pemalu dan ramah di acara itu, namun kepribadian aslinya adalah kebalikannya.
Sebagai anggota dari Museum, Wakana mampu berubah menjadi ClayDoll Dopant, memungkinkan dia untuk menghasilkan tembakan energi gravitasi, serta kemampuan untuk mereformasi tubuh dopan setelah ia hancur menjadi ribuan keping.
Dari semua anggota keluarga Sonozaki, dialah yang paling tidak terlibat dengan bisnis Gaia Memory. Setelah bertemu Philip, Wakana mulai memiliki pikiran kedua tentang menjadi dopan dan membuang Memory ClayDoll. Namun Memory tersebut dikembalikan kepadanya oleh ayahnya, yang kemudian memutuskan untuk membawa dia ke dalam bisnis keluarga setelah kematian Kirihiko dan merupakan salah satu yang dipilih untuk melihat efek dari Memory Xtreme dari Gaia Memory. Sebelumnya, Wakana juga sempat menjadi salah satu eksperimen Shinkuro Isaka setelah ia memodifikasi Gaia Driver Wakana. Dan juga sempat mencoba untuk melarikan diri dengan Philip karena ketakutan dan kebimbangannya, namun ayahnya membawa kembali dan meyakinkannya menjabat demi  kebaikan planet ini. Kemudian bertekad membawa Philip kembali ke Museum untuk menyelesaikan Gaia Impact. Dia juga diberi Gaia Progressor, yang dirancang untuk berevolusi ke ClayDollXtreme untuk mempersiapkan dirinya untuk Gaia Impact sehingga ia dapat menjadi satu dengan pengetahuan yang luas di planet ini. Di akhir cerita, Wakana mengorbankan eksistensi dirinya sendiri untuk membangkitkan kembali adiknya (Raito) melalui Memory Xtreme.

# Kirihiko Sonozaki  
Kirihiko Sudo adalah seorang pemuda yang awalnya bekerja untuk Museum sebagai salah satu dealer terbaik Gaia Memory. Dia juga memiliki cinta terhadap kota Futo, dan di masa mudanya pernah menciptakan maskot kota yaitu "Futo-kun". Dalam pekerjaannya dengan Museum, Kirihiko akhirnya menangkap dalam mata Saeko dan mereka pun menikah, lalu menganti dengan nama keluarga Sonozaki.
Dalam acara menyambut ke keluarga sonozaki, ia diberikan Gaia Driver bersama dengan kemampuan untuk menjadi Nasca Dopant, seorang pendekar yang dipersenjatai dengan Nasca Blade dengan kekuatan penerbangan dari sayap Nasca.
Pada akhirnya menemukan kebenaran di balik Gaia Memories, lalu dia juga menderita efek samping yang mematikan dari pencapaian Tingkat Dua dari kekuatan Nasca Memory tersebut. Bahkan dia sempat mencoba untuk mengambil Saeko untuk menjauh dari Museum, tapi dia dibunuh oleh Saeko sebagai ancaman bagi rencana masa depannya. Lalu Saeko mengambil Nasca Memory itu, yang akhirnya menggunakannya untuk berubah menjadi R Nasca dopan.

# Mick, pet Sonozaki Family   
Mick adalah hewan peliharaan tercinta Ryubee, kucing jenis blue British Shorthair, dinamai oleh anaknya Raito (Philip).
Meskipun kucing, Smilodon Memory dapat mengubah Mick menjadi humanoid dopan Smilodon yang bisa bergerak sangat cepat bahkan karena saking cepatnya sampai bayangan tubuhnya membentuk hologram. Selain itu, kecepatannya dapat menghindari tembakan homing Kamen Rider Double Luna Trigger dan mengatasi manuver Kamen Rider Accel Trial. Dia tampaknya lebih cerdas daripada kucing rumah rata-rata, karena ia tampaknya tahu bahwa ia mampu berubah menjadi dopan Smilodon dan dia mengetahui bagaimana mengubah kembali ke kucing rumah sesuka hati.
Ia sering dimanfaatkan oleh keluarga Sonozaki untuk menangani masalah-masalah luar estate mereka, seperti memburu Philip dan pengkhianat, serta pengawal dan mata-mata. Mick juga muncul untuk mendukung Wakana atas anggota keluarga lainnya meskipun setia akan mengikuti perintah Ryubee. Dia dikalahkan oleh Kamen Rider Double dalam bentuk CycloneMetal saat lengah dengan menghancurkan Gaia Driver dan Smilodon Memory dengan Metal Stag Break Maximum Driver. Setelah kematian Ryubee itu, Mick dibawa untuk tinggal di Narumi Detective Agency.

# Shroud atau Fumine Sonozaki  
"Shroud" adalah seorang wanita misterius yang mencari balas dendam terhadap Ryubee Sonozaki dan Museum. Ryubee menunjuk kepadanya sebagai perwujudan dari kemarahan. Wajahnya dibungkus perban untuk mengaburkan identitas dirinya, dan dia selalu terlihat mengenakan kacamata, topi fedora hitam besar, dan jas hitam. Namun akhirnya terungkap bahwa dia adalah Fumine Sonozaki,  istri Ryubee dan ibu Saeko, Wakana, dan Raito (Philip). Dia marah dan ingin membalas dendam terhadap Ryubee karena Ryubee menggunakan anak-anaknya sebagai alat demi tujuan Ryubee sendiri.


# Bawahan Sonozaki Family :  

Mysterious Grasshopper Woman / Hopper Dopant
Seseorang "Wanita Grasshopper" yang misterius adalah seorang hitwoman yang bekerja untuk Museum sebagai salah satu bawahan teratas dari dua eliminator bersama dengan dopan Smilodon. Awalnya dia seorang gadis normal yang pikirannya ditulis ulang oleh neuroscientist Satoshi Yamashiro yang diculik untuk melayani sebagai peneliti Museum.
Dikalahkan oleh Kamen Rider Accel, dan sebelum Ryu dapat menangkapnya, gadis itu mencoba untuk melarikan diri. Namun dopan Smilodon datang dan membunuh sehingga dia tidak bisa mengungkapkan informasi sensitif mengenai Museum.

Masquerade Dopan
Dopan masquerade adalah Dopan yang digunakan oleh keluarga Sonozaki sebagai penjaga dan bentuk lain dari agen. Masquerade Memories dibuat masal dan didistribusikan ke salesman Gaia Memory mereka untuk tujuan memproduksi penjahat lebih untuk melakukan pekerjaan kotor mereka. Para Dopan Masquerade berbeda dari Dopan lain karena mereka mempertahankan bentuk manusia, mengenakan pakaian dengan topeng yang memiliki tulang belakang dan desain rusuk. Masquerade Dopants juga lebih lemah dari Dopan lain, dan benar-benar hancur ketika dikalahkan, dan tanpa perlu Maximum Drive.