Kamen Rider ICHIGO

KAMEN RIDER ICHIGO adalah kamen rider pertama. Mulai tayang tanggal 3 April 1971 sampai dengan 10 Februari 1973. Mempunyai 98 episode, diperankan oleh seorang aktor sekaligus Stunt Man Hiroshi Fujioka sebagai karakter utama, yaitu Takeshi Hongo.
Menceritakan tentang seorang mahasiswa jenius dan hobi balapan yang bernama Takeshi Hongo yang diculik oleh organisasi kejahatan bernama Shocker untuk dijadikan Cyborg, yang akan digunakan mereka sebagai senjata dalam misi mereka menguasai Jepang. Beruntung sebelum pencucian otaknya dimulai, Shocker mengalami sedikit permasalahan internal, dan Hongo berhasil melarikan diri.

Menyadari kalau hidupnya tak sama lagi, akhirnya Hongo pun bertekad dengan kekuatannya (yang menjadi cyborg tipe manusia serangga) untuk melawan kaum Shocker.
Keistimewaan dari kamen rider ini dimulai dengan "Henshin Movement", yaitu gerakan mengubahnya dari manusia biasa ke wujud Kamen Rider. Hongo menyodorkan lengan kanannya pada diagonal ke kiri, berputar searah jarum jam sampai lengan sepenuhnya diperluas ke kanan, lalu dengan cepat menarik lengan kanannya ke pinggang, sementara memperluas lengan kiri di sebuah diagonal ke kanan. 
Takeshi Hongo membutuhkan Typhoon. Benda ini adalah sumber energi bagi Kamen Rider Ichigo, dan mampu memberikannya berbagai teknik bertarung yaitu "Rider Kick", "Rider Chop", sampai serangan elektrik "Denko Rider Kick".

Setelah itu, di episode 52 dan 53, Hongo membiarkan dirinya ditangkap dan dioperasi kembali oleh Shocker dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatannya. Seperti sebelumnya, kali ini Hongo kembali berhasil melarikan diri sebelum otaknya dicuci. Lalu Kamen Rider Ichigo pun mendapatkan kekuatan baru, dia bisa melompat setinggi 25 meter dan berbagai macam teknik bertarung lainnya seperti "Rider Punch", "Rider Head Crusher","Rider Hammer",dan masih banyak yang lainnya, sampai tendangan cahaya alias "Rider Inazuma Kick" muncul.
Shocker pun lantas bertambah gerah. Akhirnya di episode 92-94, mereka membentuk Shocker Evil Riders. Grup ini adalah kumpulan kamen rider baru baru jahat, yang menggunakan sepatu boot kuning, sarung tangan kuning, dan syal yang berwarna kuning pula. 

Kendaraan yang digunakan oleh Kamen Rider Ichigo bernama Cyclone. Kecepatan tertingginya adalah 400 km/jam. Cyclone diberikan oleh seorang profesor yang bernama Midorikawa. Tapi kemudian Cyclone pun diganti dengan yang baru yaitu New Cyclone.
New Cyclone, bodynya lebih ramping dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dari kendaraan sebelumnya. New Cyclone mampu melaju secepat 500 km/jam. Ini adalah motor yang didesain sendiri oleh Hongo, Tobei, dan Taki. Kendaraan super cepat yang cocok dengan pahlawan pembalap ini.

Partner sejati dari Kamen Rider Ichigo adalah Kamen Rider Nigo. Kamen Rider Nigo bernama Hayato Ichimonji, dan akhirnya nanti akan menggantikan tugas Kamen Rider Ichigo selama dia pergi ke Eropa untuk menghancurkan Shocker disana. Sebenarnya karakter Kamen Rider Nigo dibuat karena terjadi kecelakaan yang dialami oleh Hiroshi Fujioka dalam proses Shooting.











Musuh2nya adalah  Shocker dan Gel-Shocker (sub kelompok dari Shocker itu sendiri).
Inilah para petinggi Shocker, yaitu Doctor Death (paling kiri), Hell Ambassador (tengah), dan yang paling kanan adalah Black Shogun.

KESIMPULAN
Meskipun menjadi yang paling jadul, Kamen Rider Ichigo adalah awal dari segala "trade mark" yang ada. Serangan tendangan dari udara yang disebut dengan "Rider Kick", motor canggih, sabuk besar yang mampu mengeluarkan kekuatan super, gerakan transformasi yang khas, itu sudah menjadi ciri-ciri Kamen Rider dan akhirnya menjadi wajib bagi yang lain. Ditambah lagi dalam menjalankan shooting, sang aktor yang memerankan Takeshi Hongo (Hiroshi Fujioka) tidak menggunakan stunt-man. Yang akhirnya hal ini malah membuat dia mengalami kecelakaan, dan akhirnya pihak produksi mengeluarkan Kamen Rider Nigo untuk mengulur waktu dan cerita.

No comments:

Post a Comment