Kamen Rider BLACK

Kamen Rider Black atau Masked Rider Black, atau biasa kita sebut dengan Ksatria Baja Hitam, adalah salah satu serial Televisi paling populer di Indonesia pada tahun 90-an. Sama seperti Super-1, tayangan ini pertama disiarkan oleh stasiun RCTI. Namun sebenarnya, serial ini sendiri sudah diproduksi beberapa tahun sebelumnya melalui Ishinomori Productions and Toei Company, sejak tanggal 4 Oktober 1987 s/d 9 Oktober 1988 dengan total 51 episode.


Cerita ini dimulai dari sejarah akan berakhirnya era Century King (bukan Bank Century), yaitu penguasa alam semesta dalam kurun waktu 50.000 tahun sekali. Sebelum itu terjadi, pengganti dari Century King haruslah ditemukan. Dan tugas ini dilakukan oleh sekelompok organisasi jahat yang bernama Gorgom.
Lalu pertanyaannya adalah, cara apa yang akan dilakukan Gorgom untuk meneruskan kekuasaan dari Century King? Nah, mundur lagi ke 19 tahun yang lalu disaat terjadinya gernaha matahari. Lahirlah dua orang anak pada saat yang sama, yaitu Kotaro Minami (Black Sun) dan Nobuhiko Akizuki (Shadow Moon). Mereka adalah pewaris dari Century King, dan inilah yang akan merubah takdir mereka berdua. Karena tiga tahun berikutnya, orang tua Kotaro dibunuh oleh Gorgom. Akhirnya kedua orang tua Nobuhiko pun mengadopsinya.
Kemudian setelah berusia 19 tahun, Gorgom mengambil mereka berdua untuk dirubah menjadi cyborg yang bernama Black Sun dan Shadow Moon, sebelum kekuasaan Century King jatuh ke salah satunya nanti.
Dari peristiwa itu, setelah Kotaro dan Nobuhiko siap untuk dioperasi dengan menanamkan dua "king stone" yang diberikan oleh Century King.  Prof. Akizuki (ayah dari Nobuhiko Akizuki) mengacaukan operasi tersebut. Dia tidak ingin ingatan anaknya dihapus, dan proses itupun menjadi sangat rumit.
Kotaro Minami berhasil kabur, tapi tidak untuk kakak angkatnya. Kotaro pun bebas, dengan batu raja yang masih ditanam di  tubuh. Sejak inilah dia tahu akan kemampuan istimewanya, lalu dia pun terkenal dengan nama Kamen Rider Black yang melawan organisasi Gorgom.

MUSUH KAMEN RIDER BLACK :
Pertama pada permulaannya, organisasi Gorgom dipimpin oleh tiga ketua yaitu Darom, Baraom, dan Bishium. Mereka-lah yang mendapatkan order dari Century King untuk mengangkat penerusnya. Gorgom punya single monster yang dilepas disetiap edisi. Monster-monster tersebut basicnya dari hewan, serangga, dan tumbuhan.
Darom
Tiga ketua itu sendiri adalah Darom. Sosok yang paling senior dari ketiganya, paling bijak, sekaligus pintar. Dia adalah sosok yang bertanggung jawab dalam perubahan diri Kotaro dan Nobuhiko. Tapi meskipun pembawaannya tenang, Darom bisa merubah dirinya menjadi Grand Mutant Darom (setelah kehilangan power dari Stone of Heaven) yang lebih menyeramkan.

Baraom
Sedangkan yang kedua, adalah Baraom. Wajahnya selalu sedih dan hijau, mencerminkan kalau sosok ini adalah sosok yang sangat pemarah. Bisa menembakkan laser api yang mematikan, dan setelah kehilangan kekuatan dari batu lautan (Stone of Ocean). Baraom bertransformasi menjadi Grand Mutant Baraom.

Bishium
Untuk yang terakhir, dia adalah sesosok wanita yang bernama Bishium. Tidak terlihat cantik, dan mampu menembakkan sinar laser dari matanya sendiri. Tipe orang yang sering terlalu percaya diri, dan menjadi Grand Mutant Bishium setelah kehilangan kekuatan dari Stone of Earth (batu bumi).

Memang tiga pemimpin dari Gorgom terlihat cukup menegangkan dan hebat. Tapi jangan lupa dengan salah satu ksatria terbaik yang mereka miliki, yaitu Ken Sei Birugenia (Sword Saint Birugenia). Sebenarnya dia sudah sangat tua (terlahir 30 ribu tahun yang lalu di peristiwa gerhana matahari sama dengan Kotaro dan Nobuhiko). Tapi Century King tidak begitu sreg akan yang ini, dan tidak akan memindahkan kekuasaan kepadanya. Birugenia punya tugas yang penting, yaitu mengambil kembali Batu Raja yang dipegang oleh Kamen Rider Black, setelah kegagalan demi kegagalan yang dilakukan oleh tiga ketua Gorgom.
Birugenia
Creation King
Untuk ketua terbesar dari Gorgom sendiri, namanya adalah Creation King. Dia juga sudah hidup selama 50 ribu tahun yang lalu. Namun harus menunggu serial ini sampai ke episode 50-lah baru dia terlihat dan menampakkan bentuk.

Ada sesuatu yang buat menarik dari Kamen Rider Black ini. Kalau 10 Kamen Rider yang lain mempunyai musuh yang berbeda dari dunianya, Kotaro Minami harus menghadapi derita yang lain. Kakak angkatnya, Nobuhiko, yang pada awalnya tidak sempat melarikan diri, akhirnya berubah menjadi seorang Kamen Rider yang bekerja untuk Gorgom. Dia disebut Shadow Moon. Bisa mengeluarkan energi listrik dengan kekuatan tinggi, pendengaran super, kekuatan yang luar biasa, menyembuhkan luka dengan cepat, melihat invicible laser, dan tahan terhadap pembekuan. Shadow Moon adalah wujud transformasi sempurna dari king stone.
Mara dan Kara
Dia mampu membuat monster sendiri, dinamai dengan Mara dan kara. Mempunyai dua gerakan mematikan (Shadow Punch dan Shadow Kick), ditambah lagi dengan kekuatan special yang disebut Shadow Flash. Shadow Moon mampu mengendalikan Motor Kamen Rider Black yang pertama, yaitu Battle Hopper (Belalang Tempur).
Satu lagi yang spesial yaitu mampu bertelepati dengan Kotaro Minami untuk komunikasi jarak jauh mereka. Itu karena efek kekuatan dari King Stone yang dia miliki. Warnanya hijau, dan disebut dengan "Stone of Moon". Dia memang sempat dikalahkan, tapi berikutnya datang kembali dan bertarung melawan Kotaro Minami dalam bentuk BLACK RX.

KEKUATAN KAMEN RIDER BLACK :
Jika Nobuhiko mempunyai Stone of Moon, Kotaro memiliki The Stone of The Sun. Benda inilah yang berjasa mengantarkan Kamen Rider Black untuk menghajar para musuhnya, sekaligus membuat Kotaro punya gerakan yang keren untuk bertransform. Berubah!!!
Henshin...
Kamen Rider Black punya empat gerakan yang paling mematikan (melebihi Shadow Moon). 
Gerakan itu seperti yang di kiri-atas, Rider Chop. Meskipun tidak cukup untuk langsung menghancurkan, tapi bisa membuat Kotaro seolah menjadi seorang ahli karate futuristik yang bisa membelah baja setebal 100mm. Kemudian disebelahnya adalah Rider Punch. Tinju yang terkuatnya berasal dari tangan kiri, dan cukup ampuh untuk merusak daya tahan monster (begitu juga dengan Rider Kick yang ada di kiri-bawah). 
Lalu seperti Kamen Rider yang lain, Kamen Rider Black harus tetap up-to date untuk meningkatkan kekuatan serangan. Seorang agen interpol (Ryusuke Taki) mengajarkan kepada Kamen Rider Black untuk menendang Ultra Quartz (sebuah benda yang berkekuatan tinggi) dan mengarahkannya kepada monster. Adegan ini hanya terjadi di episode 16, dan gerakannya sendiri disebut dengan Dragon Shoot (gambar kanan-atas). 

Selain itu Kamen Rider Black punya kelebihan lain :
Mulai dari kiri-atas, kemampuan yang disebut dengan "Power Stripes". Warna kuning yang ada di leher dan pergelangan tangannya mampu mengusir serangan cairan lengket yang dikeluarkan dari musuh. Kemudian mata merah yang ada di kanan-atas itu namanya adalah Multi-Eye, dengan itu dia bisa melihat musuh di kegelapan dan mendeteksi kelemahan dari mereka sendiri. Sedangkan yang kiri-bawah, itulah yang dinamakan Sensoring Ears. Struktur segitiga yang ada disana bisa membuat kepalanya bersinar ungu dan mampu mendengarkan suara dari kejauhan. Lalu yang terakhir di kanan-bawah adalah Rider Sensor. Bukan hanya sekadar untuk menyaingi V3, tapi bisa membantu Kotaro untuk mendeteksi musuh yang bergerak dengan terlalu cepat.

Inilah kekuatan dengan daya hancur paling tinggi yang dimiliki oleh Kamen Rider Black  "King Stone Flash" Dari Batu Rajanya, dia dapat mengeluarkan tembakan dari ledakan energi untuk menghancurkan setiap monster dan petinggi Gorgom. Termasuk dengan saingannya sendiri, yaitu Shadow Moon.



MOTOR KAMEN RIDER BLACK :
Bukan bermaksud untuk tidak mau kalah dengan Kamen Rider Ichigo dan Nigo, yang punya dua motor yaitu cyclone kemudian diganti new-cyclone. Atau Kamen Rider Super-1 yang punya Blue Version dan V-Jet, Tapi mengingat Shadow Moon yang mampu membajak belalang tempur, mau tidak mau Kamen Rider Black harus mempunyai dua motor canggih. (Salah satunya diwariskan ke serial Kamen Rider BLACK RX)

Motor yang pertama tentu adalah yang paling melegenda, yaitu Belalang Tempur (Battle Hopper). Motor ini didesain sendiri oleh Creation King dan Gorgom untuk digunakan Black Sun atau Shadow Moon sebagai kendaraan sehari-hari ketika mereka menggantikan Century King. Belalang Tempur mempunyai kehidupan, bisa menyembuhkan kerusakan sendiri, berjalan sendiri, dan mempunyai daya serang yang disebut dengan "Dynamic Smash". Shadow Moon yang juga punya kemampuan untuk mengontrol motor tersebut pun mencurinya, dan Battle Hopper akhirnya mati.
Motor yang kedua, bernama Road Sector.
Seperti Belalang tempur, motor ini seharusnya bisa digunakan oleh pihak Gorgom. Tetapi seorang pembalap kelas dunia yang bernama Daimon Akira menyembunyikan benda itu di dalam hutan. Ditemukan oleh Kotaro, dan Daimon tidak sungkan untuk menyerahkannya. Apalagi setelah mengetahui Kotaro adalah Kamen Rider Black, dia langsung memberikannya dengan senang hati bersama harapan yang besar untuk mengalahkan Gorgom. 
Ternyata Road Sector sangat canggih, karena motor itu memiliki perisai sebagai pelindung (sekaligus mengeluarkan sparkling attack), mempunyai komputer untuk memutar video dan mengirimkan sinyal SOS.  Selain itu, mampu mengeluarkan asap tebal yang bisa mengganggu konstentrasi para monster ketika ia datang. 

No comments:

Post a Comment