Kamen Rider SUPER-1

Program ketujuh dan Kamen Rider kesembilan yang disiarkan oleh stasiun TV Tokusatsu, adalah Super-1. Kamen Rider yang punya banyak peralatan seperti V3 ini mulai tayang sejak 17 Oktober 1980 hingga 3 Oktober 1981 (48 episode).
Tokoh manusia dari Super-1 bernama Kazuya Oki. Dia adalah seorang sukarelawan dari international space program di Amerika untuk membuat satu cyborg cybernetic.
operasi cyborg cybernetic
Sebenarnya program ini bertujuan untuk membuat seorang astronot bisa bertahan di angkasa luar, tanpa seragam pelindung yang terkesan jadoel dan berat itu. Jadi awalnya program ini hanya untuk menyelidiki outer space, bukan untuk memproduksi satu kamen rider baru. Tapi, niat baik tidak selamanya juga berhasil dengan baik. Kazuya Oki memang telah sukses dioperasi, namun kemudian datanglah serangan kelompok organisasi jahat bernama Dogma Kingdom.


Semua yang ada disana mati, kecuali Kazuya sendiri yang berhasil lolos. Dan untuk membalaskan dendam, dia kembali ke Jepang.
Jiro (kiri) dan Master (kanan)
Kemudian berguru kepada Master Genkai (ahli kung-fu) lalu menjadi Super-1 dan bertarung melawan Dogma Kingdom.
Namun sebelum bertemu Master Genkai bisa bertemu dengan Jiro Tanihara, manusia yang mensupport Super-1 dan memberikan nasehat.

Musuh-musuh Kamen Rider Super-1 :
Boss dari dari organisasi jahat Dogma Kingdom adalah Telemacro. Kalau tidak ada dia dan anak buahnya yang menyerang international space program, tidak bakalan ada Super-1 yang jadi superhero (paling cuma jadi astronot aja). Dia takut operasi itu akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap organisasinya, dan akhirnya malah jadi buruk beneran.
Telemacro
Setelah Dogma Kingdom runtuh, kejahatan kembali dilanjutkan oleh organisasi Jin Dogma (sama seperti Kamen Rider Amazon, Stronger, dan Skyrider yang mempunyai 2 lawan dalam satu serial). Organisasi ini dipimpin oleh penjahat bernama Admiral Akuma.
Admiral Akuma
Kekuatan Super-1 :
Kekuatan super yang diberikan dari sabuk Henshin Cyclode (namanya mirip dengan Cyclone) digabungkan dengan Five Hands. Tangan khusus yang dipakainya untuk menghajar para monster.

Tangan yang pertama disebut Silver Hands atau Super Hands.Perangkat ini adalah yang pertama kali muncul disaat Kazuya berubah. Kekuatannya adalah pukulan, Silver hands bisa daya rusak sebesar 300 ton, menjadikan dia petinju yang paling kuat di dunia ini.

Tangan yang kedua adalah Blue Hands / Eleki Hands. Dengan ini Super-1 mampu mengeluarkan laser listrik, dan daya rusaknya lebih kuat (300 juta volt).

Yang ketiga, namanya Red Hands atau Power Hands. Memang kekuatannya cuma 50 ton (lebih lemah dari Silver Hands) tapi Silver Hands hanya efektif digunakan apabila mengeluarkan pukulan. Untuk mengangkat sesuatu, Super-1 butuh yang satu ini.

Lalu kita menuju Gold Hands or Radar Hands. Nah, para monster Dogma Kingdom ataupun Jin Dogma tidak perlu repot-repot membuat Super-1 tersesat, karena tidak ada gunanya. Tangan ini bisa mengeluarkan roket untuk mendeteksi area seluas 10 km.

Yang terakhir, adalah tangan yang kompleks. Green Hands / Temperature Hands. Yang kanan, bisa mengeluarkan api dengan panas yang tinggi (baja aja bisa meleleh). Sedangkan yang kiri, bisa mengeluarkan gas dingin yang mampu membekukan.

Dan satu lagi, dia pun merupakan Kamen Rider pertama yang mempunyai 2 tipe motor yang berbeda dalam pertarungan yaitu  Blue Version & V-machine(V-jet).


Ada moment dimana Super-1 bergabung dengan Kamen Rider lain untuk menyelesaikan tugasnya. Kali ini Kamen Rider Ichigo, Nigo, V3, Riderman, X, Amazon, Stronger, dan Skyrider datang untuk membantu Kazuya Oki menghabisi jajaran Dogma Kingdom. Namun hanya ada di Movie.