Kamen Rider BLACK RX


Kamen Rider Black RX (atau di Indonesia disebut dengan Ksatria Baja Hitam RX) disiarkan sejak tanggal 23 Oktober 1988 sampai 24 September 1989, sebanyak 47 episode.
Masih diperankan oleh Tetsuo Kurata yang menjadi Kotaro Minami di Kamen Rider Black. Ini adalah sekuel yang dibuat mengikuti serial tersebut. Setelah Gorgom berhasil dikalahkan, kedamaian pun memang kembali di penjuru dunia. Kotaro sendiri bekerja sebagai pilot helikopter di Sahara Family. Kehidupannya memang menjadi cukup tenang dan sejahtera, hingga 5 tahun kemudian datanglah kelompok organisasi jahat yang lain, yaitu Crisis Empire. Mereka tentu saja berniat untuk menguasai dunia.

Datangnya Crisis Empire, mengetahui kalau kotaro adalah Kamen Rider Black. Akhirnya mau tak mau harus diamankan, karena tidak mau diajak kerja sama. Batu Raja milik Kotaro pun lantas dihancurkan, dan dia dilempar jauh ke angkasa luar.
Niat jahat untuk mengamankan semua nya dan menguasai planet bumi (yang menurut Crisis Empire tidak begitu dipedulikan manusia, seharusnya berjalan lancar setelah Kotaro Minami alias Kamen Rider Black dilempar. Tapi ternyata perkiraan mereka malah meleset jauh di luar perkiraan. Di angkasa luar, Kotaro dan Batu Rajanya malah menerima radiasi Matahari, serta tubuh dan benda itu bermutasi menjadi cyborg baru! Kotaro tidak mati, bahkan mendapat kekuatan yang jauh lebih hebat. Lalu dia kembali ke Bumi untuk melawan Crisis Empire dalam bentuk Kamen Rider Black RX.

SIAPAKAH CRISIS EMPIRE?
Mereka adalah sekelompok grup alien yang datang dan ke Bumi. Mereka menyebutkan kalau planet kediamannya sedang krisis lantaran dihisap oleh Black Hole. Grup alien tersebut menganggap kalau Bumi tidak begitu dipedulikan oleh pemiliknya. Crisis Empire berpikir kalau inilah saat yang tepat untuk memberikan pelajaran yang penting kepada para manusia.
Pemimpin militer dari mereka adalah General Jark, dia adalah komandan yang paling kuat dan kuning. Mempunyai tongkat panjang yang bisa mengalirkan listrik, sosok yang sering tidak peduli dengan nasib bawahan. Di Akhir serial, General Jark diubah oleh pemimpin tertinggi Crisis Empire menjadi seorang petarung tangguh yang disebut Jark-Midla. Jark Midla mampu mengalahkan V3 dan Riderman, membunuh orang tua Sahara (Hingga Amazon dan X jadi repot untuk menyelamatkan anak-anaknya). Pokonya, ni monster bener-bener bikin pusing deh.
Lalu setelah General Jark, kita harus mengenal Maribaron. Dia adalah staff yang dinilai punya intelektual paling tinggi, berasal dari Negara para Penyihir, dan berdarah bangsawan. Bulu kuning yang ada di atas kepalanya itu adalah sebuah senjata, sekaligus alat tulis penyampai pesan. Selain itu, Maribaron juga mempunyai cambuk laser dan nafas api. Dalam perjalanannya yang cukup menderita, akhirnya dia memohon untuk bergabung pada Kamen Rider Black RX. Tapi Crisis Empire tentu tidak terima, dan Maribaron malah mati di tangan sekutunya sendiri.

Dan inilah staff tinggi lainnya di Crisis Empire:
Pertama adalah Naval Commander Bosgun (kiri-atas), mempunyai pedang dan belati bergerigi dan bertanggung jawab di unit monster/mutant. Bosgun pernah merencanakan makar, tapi kemudian dihentikan oleh General Jark. Lalu di kanannya adalah Armored Officer Gatezawn. Bertanggung jawab di Robot unit, bisa melepaskan kepala sendiri dan persenjataan robot lainnya. Sedangkan, yang seperti kodok jelek di kiri-bawah adalah Fanged Captain Gedorian, bawahan yang paling loyal terhadap General Jark. Tipe musuh penakut, dan pecundang tapi sering mengganggu orang lain. Dan terakhir, Colonel Dasmader. Kehadirannya yang arogan malah membuat pertikaian intern di squad General Jark, bahkan General Jark hampir membunuhnya.
Untuk para pembantu, Crisis Empire mempunyai squad bernama Chaps. Dan General Jark juga punya satu unit robot mata-mata Chief Cabinet Secretary Robot Chackram.
Setelah pasukan General Jark kita jabarkan, ada satu sosok lagi yang berperan penting dalam kemajuan organisasi Crisis Empire. Dia adalah Grand Lord Crisis! Dialah yang menawarkan kerja sama kepada Kotaro Minami untuk menggantikan posisi General Jark. Pemimpin tertinggi, sekaligus monster raksasa yang sudah bangkotan dan tua-tua keladi. 


Lalu SIAPA SAJAKAH YANG MEMBANTUNYA?
Pertama, Keluarga Sahara yang mengangkat Kotaro sebagai anak dan memberikannya pekerjaan sebagai pilot helikopter. Keluarga ini cukup ideal, dengan anak-anak yang sangat manis. Tapi sayang, orang tua mereka pun dibunuh General Jark di episode 46.
Lalu Reiko Shiratori yaitu pacar Kotaro, sekaligus jurnalist dan fotografer. Setelanh mengetahui kalau sang belahan jiwa adalah seorang Kamen Rider Black RX. Dia mulai belajar berlatih bela diri untuk ikut melawan kroco dari Crisis Empire.
Joe the Haze sang master dari seni bela diri Kenpo (photo dibawah kiri). Dia adalah salah satu sahabat terbaik Kotaro meskipun pada awalnya sempat menjadi antek Crisis Empire dan bertarung melawan RX. Setelah terluka, ingatan Joe pun kembali dan akhirnya menjadi sahabat.
Kemudian Kyoko Matoba, seorang gadis yang ahli dalam memanah dan mempunyai kekuatan pikiran atau telekinetik. Dia bertarung melawan Crisis Empire dikarenakan orang tuanya mati dibunuh organisasi tersebut.

Lalu terakhir, yang paling seru yaitu dengan terbentuknya kongsi kecil-kecilan untuk melawan Crisis Empire. Partner Kotaro Minami yang paling hebat, tentulah 10 Kamen Riders!
Mulai dari Kamen Rider Ichigo, Nigo, V3, Riderman, X, Amazon, Stronger, Skyrider, Super-1, sampai ZX. Mereka datang dan menjadi penutup episode serial laris ini, sebagai akhir dari perjalanan generasi pertama.


HADIRNYA KEMBALI "SHADOW MOON"
Karena Kotaro Minami tidak membunuh kakak angkatnya Nobuhiko di serial sebelumnya. Jadi, Nobuhiko pun datang kembali (masih dalam bentuk Shadow Moon). Dia ingin membalaskan dendamnya terhadap Kotaro Minami. Bahkan perhelatan mereka cukup panjang, dan menghabiskan 5 episode. Selain itu, Shadow Moon juga membawa senjata yang disebut Twin Shadow Sabers untuk menghajar saudara tirinya tersebut.


Dengan senjata yang sudah begitu canggih, dia begitu bersemangat untuk menghancurkan Black RX. Tapi sayang, bagaimanapun Kotaro Minami yang sekarang jauh lebih kuat daripada versi Black. Shadow Moon kalah, Light Saber (pedang matahari) milik Kotaro berhasil menembus batu raja-nya. Kemudian Shadow Moon pun akhirnya mati setelah beberapa saat dari itu, dia sempat menjadi baik hati seperti dahulu.


KEKUATAN KAMEN RIDER BLACK RX
Kamen Rider Black RX mempunyai arti khusus yaitu "Putra Matahari", yang berbeda dengan sebelumnya Kamen Rider Black yaitu "Sang Matahari Hitam". Dari seluruh Kamen Riders generasi pertama, dia boleh bangga karena memakai kostum yang lebih keras dan keren dibandingkan yang lain. Selain itu, Kamen Rider Black RX juga mempunyai perubahan wujud yang berbeda dan bahkan kendaraannya pun dapat berubah bentuk.
Sunriser adalah nama dari sabuk Kamen Rider Black RX untuk bertransformasi. Batu Raja (King Stone) yang ada didalamnya bisa membelah jadi dua untuk melakukan telepati ataupun menyimpan dan menggunakan tenaga surya untuk berubah bentuk.
Selain dari serangan pamungkas yang wajib dimiliki Kamen Rider (Rider Kick). RX mempunyai sebuah pedang cahaya seperti film Star Wars untuk menghabisi musuhnya. Namanya adalah Revolcane, atau lebih dikenal dengan sebutan "Pedang Matahari!".
Dan kekuatan lain yang ia miliki yang pertama adalah RX Jump (hanya muncul di episode 42), yang bisa membuat ia melompat lebih tinggi. Trus yang kedua adalah RX Kick (perkembangan dari serangan Rider Kick ala senior-seniornya dahulu), lalu yang ketiga disebut King Stone Flash (muncul di episode 40-42), dan terakhir adalah Macro Eye. Melalui 2 mata besar itu, RX bisa mendeteksi kelemahan musuh dan bisa menembus keberadaan mereka di objek yang tersembunyi.

PERUBAHAN BLACK RX
Dari seluruh Kamen Rider yang ada. Hanya Kamen Rider Black RX yang bisa bertransformasi dua kali. Dia tidak hanya bisa berubah bentuk dari manusia ke cyborg, karena dari cyborg ke cyborg saja mampu dilakukan. Perubahan itu tidak lain dan tidak bukan adalah RX Robo (Roborider) ataupun RX Bio (Biorider).

RX Robo (Roborider)
Dia adalah "pangeran kesedihan" (Prince of Sadness). Mulai diperkenalkan sejak episode 15, dan secara fisik jauh lebih kuat dibandingkan bentuk lainnya. Dengan menjadi Roborider, Kamen Rider RX Robo mampu berjalan di tengah ledakan bom musuh. Hanya saja dia punya satu kelemahan, yaitu kecepatannya menjadi turun tidak seperti gerakan dalam bentuk perubahan yang lain.
Senjata dari Kamen Rider RX Robo bernama Vortech Shooter. Bukan sekedar pistol biasa, karena mampu menembakkan laser bertenaga sinar matahari (Solar Blast). Berhubung kekuatannya berasal kekuatan matahari, pistol ini tidak mempunyai jarak tembakan dan tidak pernah meleset dari target.
Selain itu, RX Robo juga mempunyai satu serangan lagi yang mematikan, disebut dengan Robo-Punch. Mengumpulkan energi panas yang ada di sekeliling, setelah itu menembakkan kembali melalui tangan kanan Kamen Rider tersebut.

RX Bio (Biorider)
Prince of Anger alias "Sang Pangeran Kemarahan" adalah Kamen Rider RX Bio, diperkenalkan mulai dari episode 17. Bisa berubah menjadi air, dan gerakannya sangat lincah untuk bermanuver di antara tubuh para musuh. Wujud ini juga mempunyai banyak gerakan khas sama seperti RX standar.
Senjata yang dipegang Kamen Rider RX Bio adalah Bio Blade. Terletak di tubuh sebelah kiri (kebalikan dari RX Robo), dan tidak bisa patah serta mempunyai daya hancur yang mematikan. Serta pedang ini pun bisa bersinar seperti Revolcane.
Inilah beberapa kemampuan RX Bio, pertama dia bisa mengubah ukuran tubuhnya sendiri dan menyerang organ dalam musuh. Kedua, dia bisa berubah menjadi sebuah energi cairan yang sulit disentuh, tapi bisa melawan. Ketiga, Biorider mempunyai kekuatan agar tubuhnya melar seperti karet. Keempat, bisa masuk dan merasuki tubuh orang lain. Lalu RX Bio mampu memproduksi anti-toksin apabila terkena racun dari musuh. Dan yang terakhir, dengan wujud RX Bio, Kotaro Minami juga bisa bertransformasi dengan menggunakan air.

KENDARAAN KAMEN RIDER BLACK RX
Kamen Rider Black RX adalah Kamen Rider yang mempunyai model kendaraan paling banyak dari kamen rider sebelumnya. Motor Black awalnya mengalami kerusakan yang berat (boleh dikatakan mati karena sempat dicuri Shadow Moon di serial sebelumnya). Tapi, perubahan Kotaro Minami dari Black ke RX ternyata juga memberikan efek yang positif. Belalang tempur itu pun akhirnya bangkit dari mati suri, berubah dari Battle Hopper menjadi Acrobatter. Lalu jika dia berubah menjadi RX Robo (Roborider), Acrobatter bertransformasi menjadi Roboizer, dan kalau menjadi RX Bio (Biorider). Acrobatter berubah menjadi Mach Jabba.

Mobil Ridron :
Sejarahnya bermulai dari episode 3 dimana dia menemukan kepingan disket milik Crisis Empire, dan disket itu berisi rancangan dari Ridron itu sendiri. Akhirnya Kotaro pun membuat benda tersebut (dibantu dengan Acrobatter). Dan setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan, akhirnya Ridron siap dipakai. Baik melalui bermacam medan di darat maupun laut dengan kecepatan yang bisa menempuh jarak 1500 km hanya dalam satu jam!

SPESIAL MOVIE :
Dan satu lagi yang istimewa adalah berjejernya 4 Kamen Riders yang sebenarnya dimainkan oleh satu karakter saja (Kotaro Minami). Adegan ini tidak ada di serial, tapi anda bisa lihat di Kamen Rider Black RX The Movie : Stay In The World aka "All Around The World" atau "Running Around The World" Film ini diluncukan pada 29 April 1989.