Laman

REVIEW (Mengupas Tuntas) : Kamen Rider Accel, Rider 2nd Kamen Rider Double

Kamen Rider Accel merupakan kamen rider ke-2 dalam serial Kamen Rider Double, Accel muncul di episode 18. Dan merupakan kamen rider pertama yang bertemakan sepeda motor.
Diperankan oleh Minehiro Kinomoto sebagai Terui Ryu, seorang pengawas yang ditunjuk ke Departemen Kepolisian Futo Divisi Paranormal Crime Investigation. Sebelum tiba di Futo, Ryu kehilangan keluarganya yang dibunuh oleh dopan dengan Memory Gaia yang bersimbol huruf W, hal ini mendorong dia untuk membalas dendam terhadap dopant tersebut. 
hen...shin...
Seorang wanita misterius yang dikenalnya sebagai Shroud membantu dia, memberikan Accel Memory, Engine Blade, dan Accel Driver. Awalnya dia juga membangun kebencian untuk kota Futo, dan melihatnya sebagai tempat berkumpulnya para sampah. Sejak saat itu, Ryu melihat Shotaro dan Philip dari jauh sebelum secara resmi memperkenalkan dirinya kepada mereka. Walaupun dia bertentangan dengan Shotaro pada awalnya, Ryu menjadi sekutu kepada Badan Detektif Narumi ketika datang untuk menyelidiki gelombang kejahatan dopan, serta mengambil beberapa kebiasaan Shotaro dalam menangani Dopant. Bahkan dia sempat kehilangan kendali saat menemukan pembunuh keluarganya : WeatherDopant - Shinkuro Isaka.

Accel berarti acceleration atau percepatan, merupakan suatu gaia memory Accel Memory berwarna merah. Dengan pasangan gaia memory yaitu "Engine Memory" berwarna perak.
Sabuk henshin-nya adalah Accel Driver, namun hanya mempunyai satu slot disebut "MonoSlot" berbeda dengan milik Kamen Rider Double (Double Driver). Kamen Rider Accel mempunyai senjata yang dapat dipakai baik dalam wujud ia sebagai Kamen Rider ataupun bentuk manusia Terui, bernama pedang Engine Blade. Pedang ini, sangat berat dan jika digunakan dalam bentuk manusia dengan cara diseret karena sangat beratnya.
Accel Memory serta senjata pedang Engine Blade dan sabuk Accel Driver tersebut, diberikan oleh  "Shroud" yaitu seorang wanita misterius yang berjubah hitam dan menutupi muka serta berkacamata hitam juga. Identitas asli Shroud tidak diketahui, tetapi "Shroud" ini berjanji akan membantu Terui untuk membalas dendam terhadap pria misterius pemilik Gaia Memory berinisial W(Weather). Dopant Weather sesuai dengan namanya Weather(cuaca) menguasai 4 macam cuaca yang biasa terjadi pada belahan bumi yang beriklim Subtropis yaitu musim panas,musim dingin,musim semi dan musim gugur, jadi kekuatannya adalah manipulasi cuaca untuk dijadikan senjata atau pertahanannya sendiri.
Accel Driver dan Accel Memory
Engine Blade dan Engine Memory
Terui berkepribadian serius, tipe maskulin yang tidak tertarik dengan hal-hal yang remeh, dan seringkali dingin dan straightforward(nggak pakai basa basi). Tapi dibalik sikapnya yang dingin sebenarnya dia menyimpan kesedihan yang luar biasa karena kejadian pembunuhan seluruh anggota keluarganya pada waktu lampau. Awalnya Terui berselisih paham dengan Shotaro karena Shotaro menganggap Dopant tidak boleh diserang kalau dia sedang dalam wujud manusia, tetapi Terui malah menganggap Dopant tetap makhluk jahat dan kriminal, akhirnya setelah pertarungan dahsyat antara mereka(Kamen Rider Double bentuk Fang-Joker dan Kamen Rider Accel,dimenangkan oleh Fang Joker,seperti biasanya) Terui menjadi sadar dan diwaktu-waktu mendatang menjadi partner yang sangat tangguh dari Kamen Rider Double dalam menumpas kriminalitas yang dilakukan oleh para Dopant.


  :: SENJATA KAMEN RIDER ACCEL ::   
Sedangkan senjatanya yaitu pedang Engine Blade. Untuk "peluru"nya Engine Blade adalah Gaia Memory Engine itu sendiri yang memberi kekuatan 3 Elemen dasar yang biasanya terdapat pada sebuah sepeda motor (untuk memberi power agar mesin motor dapat berjalan).

Adapun 3 Elemen Dasar Gaia memory "Engine" adalah :
Elemen Jet (kekuatan angin berwarna merah mirip Gaia memory "cyclone" tetapi lebih kuat dan tajam"). Elemen ini sering dipakai oleh Accel, selain sangat ampuh untuk menyerang musuh yang berkecepatan tinggi,juga untuk menyerang musuh dari jarak jauh dengan kibasan energi Jet. 
Elemen Electric (listrik)
Elemen electric ini sangat berguna untuk membuat musuh terkena "stun" atau tidak sadar sesaat sehingga dapat dengan mudah dikalahkan oleh Kamen Rider Accel.
Elemen Steam. Elemen uap ini sangat berguna untuk menipu musuh(dengan kabut asap tebal menghalangi pandangan musuh), dan juga pernah dipakai untuk melelehkan serangan peluru es tajam milik Dopant IceAge.

Elite Dopant Smilodon
Dengan kekuatan 3 elemen dasar Gaia Memory Engine inilah, Accel dapat dengan mudah mengalahkan Dopant yang bahkan kelas elite sekalipun. Dibuktikan dengan mampu melumpuhkan Dopant Smilodon dengan serangan sabetan energi berelemen Jet dan juga tikaman energi berelemen Steam dari atas yang menjatuhkan Dopant Smilodon.
Kemampuan tempur Kamen Rider Accel diatas rata-rata,bahkan kemampuan strength/kekuatan fisiknya diatas Kamen Rider Double Heat-Metal. Dan juga dengan kekuatan "mesin motor" yang selalu panas, praktis Accel sulit dibekukan dengan serangan es milik Dopant IceAge. Padahal Dopant IceAge mampu membekukan kedua kaki Double Heat-Metal sehingga tidak dapat bergerak. Dimana Heat itu panas, jadi jika ada yang mampu membekukan bentuk Heat, maka ini bukan Dopant lemah. Jadi kehadiran Accel adalah "penolong" dan juga partner dari Kamen Rider Double. 
Philip bahkan terkejut dengan kemampuan tempur Accel yang hebat. Sehingga dalam bentuk Fang-Joker, Accel dapat ditandingi karena Accel benar-benar kuat sekali. Mungkin kelemahan Accel hanya dalam speed/kecepatannya saja, sedangkan dalam pertahanan, serangan dan kekuatan fisik, Accel sangat kuat. Bahkan mampu mengalahkan kekuatan fisik Dopant kelas elite (*Philip menyebutnya Dopant kelas Officer).


  :: GADGET KAMEN RIDER ACCEL ::   
Seperti halnya Double yang mempunyai Stag Phone sebagai gadget phone, Accel juga mempunyai gadget phone bernama Beetle Phone. Temanya adalah Kabuto Mushi alias kumbang badak (mirip Kamen Rider Kabuto).
Beetle Phone dan Beetle Memory 
Pseudo Memory Beetle berwarna biru dengan lambang kabuto-mushi. Beetle Phone mempunyai fitur yang hampir sama dengan Stag Phone milik Double yaitu dapat memata-matai seseorang. Bahkan sebelum kedatangan Terui ke kota Fuuto, dia sudah lebih dulu memata-matai Shotaro dan Philip dengan mengirim Beetle ke markas detektif Shotaro.


  :: KENDARAAN KAMEN RIDER ACCEL ::   
Dengan kekuatan Accel Memory memungkinkan Kamen Rider Accel untuk berubah bentuk menjadi seperti sepeda motor yang disebut Accel Bike Form. Bentuk ini diakses dengan melepaskan sabuk Accel Driver dari pinggangnya. Hal itu memungkinkan Kamen Rider Accel untuk mencapai kecepatan 920 km/h. Dalam serial movie "Kamen Rider W Forever: A to Z/The Gaia Memories of Fate", dalam bentuk Bike Form melakukan Maximum Drive sendiri setelah Memory Engine dimasukkan dalam Accel Driver dan beralih Mode Kamen Rider Accel ke Bentuk Bike Form dengan jurus "a super-powered dash through the target".
Lebih unik lagi pada saat Kamen Rider Double mengendarai Accel Bike Form, hal ini terjadi pada episode 24 dimana terjadi hal yang darurat untuk menyelamatkan Kamen Rider Double maka Kamen Rider Accel berubah menjadi Bike Form lalu melakukan kombinasi finishing Maximum Drive terhadap dopant yang dilawan mereka.
Pada Episode 24

Meskipun Kamen Rider Accel dapat berubah menjadi Mode Bike, tetap saja jika Terui Ryu dalam wujud manusia pastilah masih membutuhkan sepeda motor untuk sehari-harinya. Motor tersebut mempunyai nama Diablossa, yaitu sepeda motor merek Ducati 999. Yang juga memiliki tempat untuk senjata Engine Blade tersebut. Ryu tidak naik sebagai Accel, mungkin karena dia memiliki kemampuan melebihi kecepatan ketika berubah menjadi Accel Bike Form. 
Namanya berasal dari kata Italia "Diablo" dan "Rosso" (yang berarti "Setan Merah").

Selain itu Kamen Rider Accel mempunyai pendukung lain yaitu The Revol-Interchange Gunner A. Ini merupakan robot tank yang bertindak sebagai robot pendukung Kamen Rider Accel. Semua fiturnya memungkinkan untuk beroperasi dengan sendirinya.
Lalu dalam bentuk Bike Form Kamen Rider Accel dapat juga digabungkan dengan Gunner A untuk menjadi Accel Gunner tersebut. Sedangkan Link Memory Accel dengan GaiaCannon itu untuk melepaskan energi mirip dengan Maximum Drive yang disebut Gunner Full Break. Hal ini juga dipersenjatai dengan Roda Gattling, roda belakang Bike Form Accel berubah menjadi sebuah senapan mesin.
Teknologi ini mirip dengan HardGunner yaitu kombinasi dari unit depan HardBoilder dan robot tank Gunner A Kamen Rider Accel. Kombinasi ini lebih cepat dibandingkan HardBoilder dan juga dilengkapi senjata Gaia Cannon tersebut.
Lalu bentuk Bike Form Kamen Rider Accel juga bisa menggabungkan dengan unit Turbuler dari RevolGarry untuk menjadi AccelTurbuler. Hal ini tidak hanya Accel memiliki penggunaan Scramble Cutter guns, ia juga dapat mengubah bagian atas tubuhnya Bike Form untuk mengeksekusi Maximum Drive dimana ia menembus target dalam bentuk huruf A. Kemudian bentuk Bike Form juga dapat menggabungkan dengan unit Boilder atau Splasher Kamen Rider Double menjadi AccelBoilder atau AccelSplasher.


  :: MAXIMUM DRIVE KAMEN RIDER ACCEL ::   
Dengan menekan "Maximum Clutch Lever" pada pegangan kiri sabuk, kemudian memutar gas pada pegangan kanan (Power Throttle) sedikit, kemudian Accel akan "terbakar api" lalu melompat kearah musuh dan melancarkan tendangan menyamping Maximum Drive : Accel Grand Slanzer. Serangan macam ini pernah dipakai untuk menghancurkan tubuh Dopant IceAge palsu terbuat dari es padat(solid) yang digunakan Dopant IceAge untuk menipu Accel.
Selain itu, dia juga dapat mengeksekusi dua serangan Maximum Drive yang unik dengan Engine Blade yang dikenal sebagai "A-Slasher" dan "Dynamic Ace". 
Yang pertama adalah "A-Slasher" di mana konsentrasi energi dalam bentuk huruf A yang sangat besar dikirim keluar dari Engine Blade tersebut. Yang kedua disebut "Dynamic Ace" dimana Kamen Rider Accel melakukan tiga tebasan beruntun yang membentuk huruf A pada bidang horizontal atau vertikal, dengan memotong target.


  :: BENTUK FORM KAMEN RIDER ACCEL ::   
Accel, Accel Trial, Accel Bosster

Bentuk pertama adalah bentuk standar dari Kamen Rider Accel dengan menggunakan Accel Memory. Selain bentuk Kamen Rider Accel yang berwarna merah tersebut sudah dibahas diatas, ada beberapa bentuk lain yaitu Accel Trial dan Accel Booster.

Kamen Rider Accel Trial adalah bentuk lain yang lebih bertenaga dari Kamen Rider Accel, diakses melalui Trial Memory. Saat berubah menjadi Accel Trial, Kamen Rider Accel berubah warna dari merah, kuning, dan kemudian akhirnya ke biru sebagai Kamen Rider Accel Trial. Ini jauh lebih cepat daripada bentuk normal Accel, tapi baju besi dan daya keseluruhan lebih lemah. Karena kelemahannya tersebutlah, dia mampu memukul dan menendang jauh lebih cepat, serta meningkatnya gerakan secara menyeluruh tentang kecepatan (lari, menghindar, dll) dengan tingkat kecepatan super.
Dimulainya Maximum Drive adalah saat setelah tombol timer Maximum Switch ditekan, Maximum Drive ini hanya dapat digunakan selama 10 detik sebelum akhirnya secara paksa dikembalikan ke bentuk manusia, tetapi transformasi akan dipertahankan jika Maximum Drive tersebut berhasil dijalankan di bawah 10 detik dan menekan Maximum Switch kembali.
Maximum Drive pertama adalah Machine Gun Spike Rider Kick, serangkaian tendangan ganda berturut-turut yang meninggalkan sejumlah tanda energi tapak dalam bentuk T. Kekuatan Maximum Drive ini hanya dibatasi oleh seberapa banyak tendangan Accel Trial dapat melakukan dalam 10 detik batas waktunya. Untuk menangani hal ini, Accel biasanya melemparkan Trial Memory ke udara sebagai dimulainya Maximum Drive, lalu menekan Maximum Switch segera setelah ditangkap dan menyatakan waktu diterima. Namun jika saat Accel Trial menggabungkan Engine Blade Maximum Drive dengan Trial Maximum Drive, ia bisa melakukan Maximum Drive Machine Gun Slasher yaitu berulang kali menebas target dalam batas waktu.
Video Maximum Drive Accel Trial melawan Weather Dopant

Kamen Rider Accel Booster adalah bentuk dari Kamen Rider Accel yang muncul dalam versi Movie "Kamen Rider W Returns : Kamen Rider Accel". Bentuk berwarna kuning dari Kamen Rider Accel ini menggunakan Enhancing Adapter Gaia Memory dicuri dari Commander Dopant, yang terpasang di bagian atas Accel Memory untuk meningkatkan kekuatan daya tiga kali lipat.
Fitur Kamen Rider Accel Booster yang paling menonjol adalah banyaknya armor tambahan dibandingkan dengan Kamen Rider Accel Trial, yang menutupi kebanyakan pendorong jet yang berfungsi untuk terbang dengan mobilitas yang besar. Seperti bentuk-bentuk lain Kamen Rider Accel, ini dapat memanfaatkan Engine Blade dan melakukan Maximum Drive Boost Slasher Maximum Drive, di mana menebas target dengan Engine Blade yang berkekuatan besar berwarna emas.


  :: ENDING KAMEN RIDER ACCEL ::   
Kamen Rider Accel menjadi partner yang tangguh bagi Kamen Rider Double. Bahkan sikap Terui Ryu pun berubah, telah tumbuh untuk mencintai Futo dengan keinginan untuk melindunginya. Ini secara keseluruhan merupakan kebalikan dari kepribadian awalnya yang membenci kota Futo.
Kemudian kisah cinta antara Terui Ryu dan Akiko Narumi pun sampai pada pernikahan.



"Let's break away!" 
"Despair awaits you (all) at the finish!"